dc.contributor.advisor | Manik, Terang U.H.S.G | |
dc.contributor.author | Irfandi, Ridha | |
dc.date.accessioned | 2018-12-27T02:15:40Z | |
dc.date.available | 2018-12-27T02:15:40Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/9949 | |
dc.description.abstract | Salah satu komponen sistem pendingin pada mesin pembakaran dalam
adalah alat penukar kalor kompak jenis radiator. Performansi suatu radiator
berdampak besar terhadap sistem pendinginan mesin. Secara tidak langsung,
radiator yang memiliki performansi tinggi akan meningkatkan efisiensi bahan
bakar kendaraan melalui pengurangan bobot radiator. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji performansi radiator secara eksperimental dan perhitungan teoritis.
Obyek penelitian ini ialah sebuah alat penukar kalor kompak jenis radiator yang
digunakan pada kendaraan berkapasitas mesin 1300 cc. Alat penukar kalor
tersebut dipasangkan pada serangkaian alat uji radiator. Hasil penelitian ini
menunjukkan kesetimbangan energi yang diperoleh dari hasil eksperimental
memiliki penyimpangan maksimum +/- 6 %. Koefisien perpindahan panas
maksimum sisi udara dan air ialah 35,3 W/m2.K dan 252,39 W/m2.K.
Penyimpangan antara temperatur udara dan air keluar radiator secara teoritis dan
eksperimental sebesar rata-rata 8,47 % dan 1,1 %. | en_US |
dc.description.abstract | One of the part of the cooling system in internal combustion engine is
radiator type compact heat exchanger. Performance of a radiator has a big impact
to the engine cooling system. Indirectly, a high performance radiator can
improving vehicle fuel consumtion efficiency through the radiator weight
reduction. The purpose of this research is to test radiator performance
experimentaly and calculated it analyticaly. The object of this research is a
radiator type compact heat exchanger which is use in 1300 cc vehicle. That
compact heat exchanger is installed on a radiator performance test tool. The result
of this research shows that energy balance obtained from the experiment has
maximum deviation +/- 6 %. The maximum overall heat transfer coefficient for
the air and water side are 35,3 W/m2.K and 252,39 W/m2.K. The average
deviation between air and water outlet temperature which is obtained from the
analytical calculation and the experiment are 8,47 % and 1,1 %. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Alat Penukar Kalor Kompak | en_US |
dc.subject | Radiator | en_US |
dc.subject | Performansi | en_US |
dc.title | Analisa dan Uji Eksperimental Performansi Alat Penukar Kalor Kompak Jenis Radiator Kendaraan Berkapasitas Mesin 1300 cc | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM140401004 | en_US |
dc.identifier.submitter | Nurhusnah Siregar | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |