Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan pada Pasien BPJS dan Non BPJS Berdasarkan Metode Servqual di RSUD Kota Dumai
View/ Open
Date
2019Author
Muliana, Yulenda
Advisor(s)
Siregar, Darmayanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan adalah hasil perbandingan antara harapan dengan kenyataan yang diterima oleh seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan dengan metode SERVQUAL di RSUD Kota Dumai. Jenis penelitian adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 106 orang pasien yang telah menerima pelayanan rawat jalan. Data diambil menggunakan kuesioner dengan metode SERVQUAL pada pasien yang telah menerima pelayanan kesehatan rawat jalan. Analisis data yang digunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan persentase kepuasan pasien BPJS kategori puas tertinggi yaitu pada dimensi bukti fisik sebesar 45,3% dan kategori tidak puas tertinggi pada dimensi keandalan sebesar 69,8%. Persentase kepuasan pasien non BPJS kategori puas tertinggi yaitu pada dimensi bukti fisik sebesar 50,9% dan kategori tidak puas tertinggi pada dimensi empati sebesar 62,3%. Sebagai kesimpulan walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pasien BPJS dan non BPJS dengan tingkat kepuasan pasien (p>0,05), pasien BPJS memiliki persentase tidak puas lebih tinggi dibandingkan dengan pasien non BPJS.
Collections
- Skripsi Sarjana [1291]